Pada kali ini kita akan membuat
animasi dengan adobe flash. Sebelum itu pertama-tama kita harus membuat layer
baru terlebih dahulu. Pada saat kita membuka adobe flash kita menemukan tipe
file apa yang kita buat, tetapi pada kali ini kita akan membuat dengan
Actionscript 3.0 maka klik Actionscript 3.0.
Jika sudah maka kita bisa
memnyesuaikan ukuran layer pada panel properties dengan cara klik salah satu
ukuran dan edit ukuran sesuai yang kita mau.
Jika kita telah menentukan ukuran
layer, saatnya kita memilih background pada latar kita. Sebelum itu nama layer
yang masih default, kita ganti namanya dengan background supaya kita tahu dan
bisa membedakan dengan layer lainnya, caranya dengan klik dua kali nama layer
lalu kita ubah namanya.
Untuk memasukan background
caranya, dengan klik file, import, import to library, lalu masukan lokasi
gambar yang ingin kita masukan, maka gambar tersebut akan masuk panel library
yang dapat kita lihat di sebelah kanan. hasilnya akan seperti ini.
Gambar yang sudah ada pada layer
bisa kita geser dari library ke atas layer. Untuk menyesuaikan ukuran
gambar dengan layer, kita bisa
menggunakan free transform tool. Pada kali ini saya menyesuaikan gambar lebih bersar
dari layer untuk meberikan efek seakan-akan background bergerak. Untuk
melakukannya pertama kita klik gambar yang sudah kita atur ukurannya, lalu klik
modify covert to symbol. Maka gambar tersebut akan mejadi sebuah simbol.
Setelah itu klik frame yang
menurut kita akan menjadi frame terakhir dalam animasi, lalu klik kanan, insert
keyframe, maka akan jadi seperti ini.
Setelah frame tersebut sudah
terbuat, maka kita geser gambar untuk posisi akhir pada frame terakhir di panel
timeline. Setelah itu klik frame tersebut sampai terseleksi semua dari awal
sampai akhir, klik kanan, lalu create classic tween, maka akan jadi seperti
ini.
Jika
sudah selesai kita coba dengan klik control, test movie, jika berhasil maka
background akan bergerak sesuai posisi yang diatur pada frame awal dan akhir.
Selanjutnya kita memasukan objek
dan menggerakannya. Pada tahap ini akan dijelaskan bagaimana membuat object
manusia bergerak. Gambar manusia yang saya gunakan adalah gambar yang
didownload dari hasil pembuatan menggunakan adobe illustrator, Pertama kita
harus membuat objek utama sebagai symbol dengan cara ,klik gambar secara
keseluruhan, lalu klik modify, convert to symbol, lalu akan jadi seperti ini
Kita
akan membuat symbol yang lebih mendetail dari gambar tersebut, maka kita klik
gambar tersebut sampai terbagi menjadi objek yang lebih detail, gambar tersebut
jika kita klik, akan muncul beberapa komponen seperti ini.
Terlihat bahwa gambar terdiri
dari beberapa drawing object yang membentuk grup, untuk itu saya akan membaginya
menjadi beberapa symbol lagi agar tidak terlalu detail. Contohnya kita ingin
membuat bagian yang akan kita namakan kaki kiri, maka kita akan menyeleksi
sepatu dan bagian kaki saja.
Setelah itu kita akan membuat
kaki kiri sebagai symbol baru, dengan cara, klik modify, convert to symbol.
Lalu klik ok.
Maka, kita telah berhasil membuat
library yang kita namakan kaki kiri dan akan muncul pada panel library seperti
dibawah ini.
Jika sudah selesai kita akan
membuat hal yang sama dengan menseleksi anggota tubuh yang lainnya, dan akan
menjadi seperti gambar yang pertama.
Jika sudah maka, symbol-symbol
tersebut dapat kita jadikan layer dengan cara, seleksi semua simbol yang ada,
klik modify, timeline, distribute to layers. Maka akan tampak seperti ini.
Setelah menjadi beberapa layer
kita akan mulai menentukan gerakan dari masing-masing simbol. Bisa dilihat,
setiap symbol memiliki titik rotasi yang berwarna putih seperti ini.
Dengan tools free transform kita,
bebas meletakan titik rotasi itu dimanapun sesuai keinginan kita. Maka kita
letakan titik rotasi kebagian atas lengan. Setelah sudah diletakan disana maka
kita bisa merotasi simbol dengan tools free transform, caranya jauhkan kursor
sedikit lebuh jauh dari sisi batas hitam simbol, maka kursor akan menampilkan
simbol berbentuk rotasi, sehingga kita bisa merotasi objek dengan titik pusat
pada titik rotasi tersebut.
Lakukan ini pada frame yang
diinginkan, dan jangan lupa, sebelum melakukan ini pada frame yang dipilih,
perlu dibuatkan motion tween pada layer tersebut dengan cara, klik kanan lalu
add motion tween. Setelah itu geser motion sampai frame yang kita inginkan.
Jika sudah selesai mengatur
motion pada tiap bagian anggota tubuh sekarang kita mengatur arah pergerakan
objek secara keseluruhan. Pertama kita klik frame terakhir untuk objek lalu
klik kanan, insert keyframe. Setelah itu klik frame secara keseluruhan dan klik
kanan add motion tween. Atur posisi awal dan akhir pada frame sebagai perubahan
pergerakan seperti dibawah ini.
Cara menggabungkan video animasi
pada movie maker
Di
atas tadi adalah pembuatan animasi menggunakan adebe flash, jadi sekarang kita
akan menggambungkan potongan potongan video animasi/scene animasi menggunakan
movie maker yg mudah.
Jika
sudah memilih beberapa video sekaligus maka secara otomatis akan langsung
terhubung/menyatu, untuk membuktikannya tekan tombol play di bawah gambar video
dan disana akan terliat juga berapa lama durasi dari beberapa video kalian.
Ingat karena akan secara otomatis terhubung kalian harus berhati hati memilih
video mana yang akan jadi bagian depan, tengah dan belakang.
Selanjutnya
kita akan menambahkan title dan post credit dalam video yang kita pilih.
Pada
panel home banyak tool yang bisa kita pakai tetapi jika ingin menambahkan title
dan post credit maka pilih title dan credit. Jika sudah di pilih tinggal
masukkan kata kata sesuai yg kita inginkan seperti gambar a dan b di bawah ini
:
A. Title |
B. Post credit |
Selanjutnya adalah jika kalian
ingin menambahkan music atau backsound di panel home juga ada toolsnya.
Langsung saja klik add music dan pilih music atau backsound apa yg akan kalian
pilih, seperti gambar dia bawah ini :
Jika sudah di tambahkan aka nada
bar warna hijau seperti gambar di atas, jika anda ingin memotong lagu atau
backsoundnya maka tinggal klik tools Split yang berada pada bar option (music
tools).
berikut hasilnya: